Tips Mengatur Pembayaran Kartu Kredit Bank Permata

Tips Mengatur Pembayaran Kartu Kredit Bank Permata

Pemegang kartu kredit, kita diharuskan mampu mengatur pembayarannya setiap bulan. Ini sama seperti salah satu tanggung jawab sebagai pengguna layanan dan fasilitas kredit dari bank agar semua transaksi tidak berisiko. Sebab, umumnya penggunaan karti kredit sering menimbulkan masalah pada pemegang yang ‘kurang cerdas dan tidak bijaksana’ ketika menggunakannya. Pembayaran kartu kredit Bank Permata misalnya, disarankan membuat daftar anggaran pengeluaran tiap bulan yang dibayar menggunakan kartu kredit, agar pembayaran lebih teratur dan lancar. Simak beberapa tips mengatur pembayaran kartu kredit untuk menghindari berbagai resiko yang menghantui.

Perhatikan Tanggal Pembayaran

Menjelang akhir bulan atau menjelang awal bulan menjadi masa pemegang kartu kredit harus siap-siap melakukan pembayaran tagihan. Tips agar pembayaran lancar ialah perhatikan selalu tanggal pembayaran rutin. Setiap bank memiliki toleransi masa tenggang pembayaran kartu kredit. Biasanya paling lambat 5 hingga 7 hari setelah tanggal utama pembayaran. Namun biasanya pihak bank juga mengingatkan bahwa waktu pembayaran membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari untuk terkonfirmasi. Maka Anda juga harus perhatikan waktunya bila ingin selalu membayar tagihan di tanggal yang tepat.

Pilihan Pembayaran Bulanan Kartu Kredit

Sudah mengerti bahwa tanggal pembayaran perperan penting ketika menggunakan kartu kredit? Sekarang coba pahami beberapa pilihan pembayaran bulanan kartu kredit Anda. Ada empat macam pilihan pembayaran, yaitu:

  • Minimum Payment

Sesuai dengan sebutannya, pembayaran minimum payment dilakukan dengan mekanisme pemabayaran dengan jumlah minimun. Cara pembayaran ini biasanya menjadi solusi pemegang kartu kredit yang belum mampu membayar penuh tagihan bulanan. Contohnya, tagihan kartu kredit Bulan Januari Anda sebesar 10 juta, minimum payment bulan tersbeut ialah 10% dari besar tagihan yaitu 700 ribu. Sehingga Anda bisa membayar sebesar 700 ribu terlebih dahulu sampai jatuh tempo pembayar. Tetapi ingat, cara pembayaran ini TIDAK DISARANKAN. Karena sisa tagihan akan bertumpuk.

Baca juga: Tertarik untuk Bisnis Ayam Geprek? Di Franchise Aja!

  • Full Payment

Selanjutnya dalam pilihan pembayaran kartu kredit Bank Permata kedua ialah full payment. Sebaliknya dari minimum payment, cara pembayaran ini membayar tagihan secara penuh setiap bulannya.

  • Pembayaran Jumlah yang Disesuaikan Kemampuan

Belum mampu membayar tagihan secara full payment  di bulan ini tetapi mampu membayar melebihi besar minimum payment? Bayar saja dengan besar sesuai kemampuan Anda. Misalnya, tagihannya sebesar 10 juta, Anda baru bisa membayar sebesar 5 juta, silakan membayar. Nanti sisanya Anda bayar di pertengahan bulan.

  • Cicilan Tetap

Plihan cara pembayaran terakhir ialah cicilan tetap atau fixed installment. Cicilan tetap ini berhubungan dengan kesepakatan antara Anda dengan bank. Jadi Anda bisa melakukan kesepakatan pembayaran pada tagihan bulanan kartu kredit Anda dengan besar pembayaran yang telah ditetapkan dan memakai jangka waktu tertentu seperti 3, 6, dan 12 bulan. Cara ini berguna bagi nasabah yang ingin mengatur keuangan lebih rapi.

Tarif dan Biaya di Bank Permata

Masing-masing bank tentunya memiliki kebijakan tarif dan biaya berbeda-beda pada produk kartu kredit. Salah satu contoh pada produk kartu Permata Black World Master Card, iuran tahunannya sebesar Rp1.000.000,-. Lalu pembayaran minimum 10%, biaya tarik tunai 6% setiap penarikan, denda keterlamabatan pembayaran minimal Rp50.000,-, biaya pergantian pembayaran cicilan tetap Rp40.000,-, dan biaya penggunaan fasilitas Permata Navigator sebesar Rp5.000,- per-bulan.

Demikan informasi seputar pembayaran kartu kredit. Pengaturan pembayaran kartu kredit Bank Permata bulanan sangat wajib diperhatikan dan dipertimbangkan. Serta, Anda disarankan menghafal tarif dan biaya bulanan tambahan yang tertera pada tagihan.

Dapatkan informasi lainnya dengan mengakses url di bawah ini.

https://www.cekaja.com/banks/permata-bank/kartu-kredit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *