Persiapan Mudik yang Wajib Dilakukan Para Freelancer

Persiapan Mudik yang Wajib Dilakukan Para Freelancer

Bidang pekerjaan yang Anda tekuni tentu tidak mengurangi antusiasme menjelang mudik. Apalagi bila Anda berhasil mendapatkan tiket mudik gratis. Sudah pasti hal tersebut efektif mendukung upaya penghematan Anda. Kalau Anda berprofesi sebagai freelancer, Anda harus melakukan persiapan khusus bila akan mudik ke kampung halaman.

Apa saja persiapan yang wajib dilakukan freelancer saat akan mudik? Inilah ulasannya!

Menyiapkan Budget Sejak Jauh Hari

Freelancer tentu tidak seperti karyawan tetap yang mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) menjelang lebaran. Justru para freelance harus menyiapkan budget khusus untuk mudik. Agar isi tabungan tidak terkuras habis karena mudik, Anda wajib menyisihkan budget beberapa bulan sejak mudik. Jangan lupa pula mencatat berbagai kebutuhan lebaran agar Anda sigap menyiapkan dananya.

Bisa Tetap Kerja Remote saat Mudik

Mudik bukanlah halangan untuk menyelesaikan pekerjaan. Karena ada berbagai pekerjaan freelance yang bisa diselesaikan secara remote. Anda hanya perlu membawa gadget, laptop, dan sejumlah perangkat pendukung kerja lainnya. Supaya Anda bisa tetap menyelesaikan pekerjaan saat berada di perjalanan mudik atau di kampung halaman.

 

Baca juga: Liburan ala Backpacker bersama Anak Bukan Sekadar Isapan Jempol

 

Menghubungi Klien-Klien sebelum Mudik

Jangan lupa menghubungi klien-klien Anda sebelum libur lebaran dan mudik. Anda harus menyampaikan tentang rencana mudik dan libur lebaran Anda. Sehingga Anda tidak terbebani oleh sejumlah pekerjaan yang bersifat mendesak. Berikan informasi secara jelas tentang rencana libur Anda. Supaya pekerjaan dari klien-klien bisa ditunda sampai Anda selesai mudik.

Membagi Waktu untuk Persiapan Perjalanan Mudik

Biasanya beban kerja para freelancer cenderung bertambah menjelang lebaran. Karena bisnis klien harus menyiapkan promosi dan sejumlah hal penting lainnya untuk menyambut lebaran. Kemungkinan besar Anda jadi lebih sibuk menjelang lebaran hingga kesulitan membagi waktu. Namun, Anda tetap harus melakukan persiapan perjalanan mudik secara cermat. Mulailah mencatat daftar barang dan mengemasnya sesaat sebelum hari mudik tiba. Jangan sampai ada barang bawaan yang tertinggal karena Anda terlalu sibuk mengurus pekerjaan.

Tetap Menjaga Stamina Tubuh

Selain persiapan barang bawaan, persiapan fisik Anda juga tak kalah penting. Anda harus tetap mengonsumsi makanan sehat dan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Supaya Anda tak jatuh sakit ketika akan mudik. Rutinitas kerja yang padat tak boleh membuat Anda mengabaikan kesehatan menjelang momen lebaran.

Sebagai freelancer, sebenarnya Anda lebih leluasa mengatur waktu mudik yang Anda inginkan. Persiapan mudik yang matang akan membuat perjalanan mudik lebih menyenangkan dan Anda pun bisa lekas berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman.

Dapat info selengkapnya tentang Tiket Mudik Gratis dengan mengakses url di bawah ini.

https://www.cekaja.com/info/cek-tawaran-mudik-gratis-dari-4-bumn-berikut-ini/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *