Pentingnya Investasi Saham Untuk Kaum Millenial. Ketahui Langkahnya!

Pentingnya Investasi Saham Untuk Kaum Millenial. Ketahui Langkahnya!

Bagi kebanyakan kaum millenial yang saat ini berada dalam usia produktif dan menjadi pekerja aktif, membagi pemasukan untuk berbagai kebutuhan rasanya begitu sulit. Meskipun belum tentu memiliki tanggungan, kaum millenial biasanya lebih bersemangat untuk menuruti kebutuhan yang bersifat hobi. Seperti belanja, traveling atau kebutuhan hiburan seperti nongkrong di cafe dan nonton bioskop. Padahal, berinvestasi juga penting dilakukan saat masuk usia kerja. Salah satunya dengan investasi saham. Jika ingin memulai, kamu wajib tahu langkah-langkah investasi saham.

Saham sendiri merupakan bukti kepemilikan perusahaan yang merupakan klaim atas penghasilan dan kekayaan perseroan. Instrumen saham merupakan salah satu produk pasar modal yang bersifat jangka panjang. Untuk kamu yang ingin memulai berinvestasi, tak ada salahnya untuk mencari tahu informasi detil soal saham. Dengan berinvestasi saham, kamu akan mulai memikirkan pula simpanan uang dalam bentuk non-tunai (tidak seperti tabungan tunai biasanya), sekaligus mencoba mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting. Pembagian uang masuk pun lebih mengacu pada prioritas kamu yang lebih jelas dan tentunya bermanfaat.

Investasi Saham itu Terjangkau! 

Kegiatan para pelaku pasar modal dalam berinvestasi saat ini diwadahi oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Lewat program Yuk Nabung Saham!, BEI berusaha meningkatkan jumlah investor lokal (Indonesia), dan memberikan informasi bahwa investasi saham itu sangat terjangkau harganya. Batas bawah minimum pembelian atau penjualan saham saat ini diturunkan, dari 500 lembar per lot saham menjadi 100 lembar per lot saham. Dengan program Yuk Nabung Saham!, Anda sudah dapat mulai berinvestasi dengan uang Rp100 ribu. Nah, coba bayangkan saja betapa harga ini begitu terjangkau. Kalau biasanya uang sejumlah itu digunakan untuk kebutuhan sekunder, kamu bisa pertimbangkan untuk berinvestasi demi mendapat keuntungan di masa mendatang.

Baca juga: Belajar Berinvestasi Untuk Mencapai Merdeka Finansial

Tidak Serumit yang Kamu Pikirkan

Banyak millenial yang menganggap investasi saham itu begitu rumit. Sehingga, rasa malas dan tak acuh pun datang lebih dulu sebelum mencari tahu fakta sebenarnya. Padahal, saham itu menjanjikan. Secara singkat, dari total 610 perusahaan yang sahamnya diperjualbelikan, BEI menyiapkan indeks saham yang terdiri dari 45 saham pilihan yang disebut indeks LQ45. Indeks ini berisi saham dengan likuiditas dan kapitalisasi pasar yang tinggi dari jumlah keseluruhan saham yang ada di Bursa Efek Indonesia. Pemilihan daftar Saham dalam LQ45 dilakukan setiap 6 bulan.
Nah, untuk memulai berinvestasi saham, kamu perlu mendaftar ke perusahaan sekuritas yang terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Setelahnya, setor dana dan kemudian kamu bisa membeli saham dari perusahaan tertentu. Dengan ini, kamu resmi menjadi salah satu pemegang saham suatu perusahaan. Keren, bukan?

Cermat untuk Mendapat Untung

Jadilah pemegang saham yang cermat. Oleh karenanya, rajinlah melakukan analisa dari perusahaan yang sudah atau akan kamu beli sahamnya. Sebab, ada banyak hal yang mempengaruhi nilai saham tersebut. Contohnya, fundamental perusahaan itu sendiri. Keuntungan yang didapat perusahaan juga akan dibagi sesuai dengan besaran saham yang kamu punya. Keuntungan yang biasa disebut dengan dividen itu akan diserahkan pada pemegang saham lewat perusahaan sekuritas. Sekali lagi, tidak ada salahnya jika kamu mulai belajar dengan nilai saham yang rendah terlebih dulu (Rp 100 ribu).
Dengan memulai berinvestasi saham, maka kamu tidak hanya menjadi kaum millenial yang mau mempersiapkan tabungan di masa yang akan datang, tapi juga membantu meningkatkan perekonomian negara dengan menjadi investor lokal.

Untuk mengetahui langkah-langkah berinvestasi saham secara lebih detil, silahkan cek artikel berikut https://www.cekaja.com/investasi/news/130159-langkah-langkah-cara-berinvestasi-saham.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *