Mau Perpanjang SIM Online? Begini Tata Caranya

Mau Perpanjang SIM Online? Begini Tata Caranya

 

Banyaknya masyarakat Indonesia yang mengendarai kendaraan pribadi dengan tingginya mobilitas membuat kehadiran dari SIM online sangatlah membantu. Kita tidak perlu lagi datang secara langsung ke lokasi pembuatan SIM melainkan hanya perlu duduk manis di depan laptop atau komputer dan mengisi data-data yang diminta. Selain itu, perpanjangan SIM juga terkadang menimbulkan kendala bagi masyarakat yang merantau, seperti ketika ia membuat SIM di Solo tetapi justru masa tenggang habis ketika ia tengah berada di Jakarta. Tentu dengan adanya SIM Online, seseorang tidak perlu membuang uang untuk kembali ke kampung halaman hanya demi memperpanjang SIM.

Nah, dengan sistem kepengurusan surat mengemudi via internet ini, jelas seluruh data pengguna yang berada di seluruh bagian wilayah Indonesia telah terhubung secara online, sehingga data pengguna itu sendiri juga bisa diakses oleh seluruh petugas di seluruh Indonesia. Walau begitu, sebenarnya pengemudi tetap harus datang langsung ke Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas), Gerai SIM, atau SIM Keliling. Hanya saja, sebelum datang ke kantor, pengemudi bisa melakukan pendaftaran online terlebih dahulu untuk mempersingkat waktu. Tetapi perlu diketahui pula bahwa layanan SIM Online ini hanya berlaku untuk SIM A dan SIM C saja.

Tata Cara Pembuatan SIM Online

Dokumen yang dibutuhkan:

1. Formulit Pengajuan

2. KTP Asli bagi WNI / Dokumen Keimigrasian bagi WNA

3. SIM Lama

4. Surat Keterangan Lulus Uji Simulator

5. Surat Keterangan Kesehatan Mata

Tahap Pembuatan

1. Registrasi online melalui situs https://www.cekaja.com/sim.korlantas.polri.go.id dan ikuti instruksinya

2. Bayar tarif pembuatan SIM dengan melakukan transfer melalui ATM atau E-Banking ataupun membayar langsung melalui Teller Bank sesuai dengan nominal yang telah ditentukan

3. Menyertakan dokumen yang telah disebutkan sebelumnya ketika berkunjung ke Satpas, Gerai SIM ataupun SIM keliling

4. Ambil SIM dihari yang sama

 

Sangat mudah dan cepat bukan? Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran dari SIM online sangat membantu dalam mempersingkat waktu dan biaya ketika ingin memperpanjang SIM. Perlu diketahui bahwa memiliki SIM bagi setiap pengemudi wajib hukumnya. Hal tersebut tertera dalam undang-undang nomor 22 tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang akan memberikan hukum atau sanksi bagi pengendara yang tidak memiliki SIM, yaitu mendapatkan hukuman pidana berupa kurungan dengan jangka waktu paling lama 4 bulan atau denda hingga 1 juta Rupiah. Tentunya dibandingkan terkena sanksi ya pastinya lebih baik untuk mengurus SIM yang tidak membutuhkan waktu yang lama ini bukan?

Nah, bagi kamu yang ingin informasi lengkapnya, kunjungi saja https://www.cekaja.com/info/saat-ingin-perpanjang-sim-online/ untuk informasi lebih lanjut. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *