Mau Mulai Bisnis Kost? Ketahui Dulu Untung Ruginya!

Bisnis Kost

Saat ini bisnis kost sudah mulai banyak digandrungi oleh banyak pengusaha pemula. Tidak hanya mudah, bisnis kost juga tidak membutuhkan banyak energi, karena pada dasarnya, pemilik bisnis kost hanya tinggal menunggu kapan uang akan datang. Memang cenderung terdengar sangat menguntungkan, dan hal inilah yang membuat semakin banyak orang yang ingin mulai menciptakan bisnis kost. Tetapi perlu diketahui bahwa bisnis kost tidak hanya memiliki keuntungan saja, melainkan juga kerugiannya tersendiri.

Keuntungan & Kerugian Bisnis Kost

1. Membutuhkan Modal Besar

Memulai bisnis kost tentu membutuhkan property yang layak dijadikan sebagai rumah kost. Setidaknya kamu harus memiliki 1 – 3 kamar terlebih dahulu sebagai permulaan. Nah, inilah yang membuat bisnis kost menjadi mahal, karena biaya tanah atau rumah yang terus melambung tinggi. Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan dana untuk pembangunan dari rumah kost itu sendiri, seperti jasa tukang serta aneka perlengkapan.

2. Pendapatan yang Tidak Pasti

Berbeda dengan bekerja kantoran yang sudah pasti kamu akan mendapatkan gaji tetap setiap bulannya, bisnis kost sebagai permulaan belum tentu mendapatkan pendapatan yang tetap dari satu bulan ke bulan setelahnya. Bisa itu lebih kecil atau justru lebih besar. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi, seperti penghuni kost yang kadang datang dan kadang pergi, biaya perbaikan tak terduga, hingga nilai tanah dan pembangunan yang terkadang turun dan terkadang naik. Nilai tanah yang terus menerus berubah jelas akan berpengaruh pula pada nilai sewa.

3. Rawan Disalahgunakan

Untuk poin ini sebenarnya tergantung pada si pemilik kost itu sendiri, mengenai peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh para penghuninya. Bila pemilik kost memberikan peraturan yang ketat, maka dapat menghasilkan lingkungan kost yang aman dan nyaman pula. Tetapi bila pemilik kost membebaskan peraturan untuk para penghuni, biasanya hal tersebut sering kali disalahgunakan, seperti untuk melakukan hal-hal negatif.

4. Dapat Dijadikan sebagai Investasi Masa Depan

Bisnis kost dapat dipastikan bisa dijadikan sebagai investasi masa depan. Hal tersebut dikarenakan sebuah rumah kost memiliki permintaan yang sangat tinggi diantara masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia, sehingga dapat dipastikan bahwa bisnis kost itu sendiri tidak akan pernah mati. Selain itu, walau masih sebagai pemula, bisnis kost juga sangat berpeluang untuk berkembang sangat pesat. Yang bermula dari 3 kamar, bisa saja berkembang menjadi 10 kamar, 20 kamar, atau bahkan hingga ratusan. Hal inilah yang membuat bisnis kost bisa dijadikan sebagai pundi-pundi uang dengan jangka waktu yang sangat panjang, sangat cocok bagi yang sudah pensiun atau pebisnis pemula.

Apa kamu tertarik untuk memulai bisnis kost? Walaupun bisnis kost memang membutuhkan modal yang tidak sedikit, tetapi kamu tidak perlu khawatir. Karena saat ini hadir CekAja.com yang bisa mempermudah mu dalam mendapatkan modal usaha. Tanpa ribet, kamu bisa mewujudkan impian mu dalam memiliki bisnis sendiri dengan meminjam uang melalui CekAja.com.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://www.cekaja.com/info/bisnis-rumah-kontrakan-untung-rugi/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *