Kenali Jenis Cashback dari Berbagai E-Commerce

Kenali Jenis Cashback dari Berbagai E-Commerce

Di era serba digital, kegiatan belanja tentu lebih banyak dilakukan lewat layar komputer, laptop, dan bahkan handphone. Online Shopping sudah makin menjamur, dan memberikan kita lebih banyak pilihan. Berbagai kebutuhan pun makin banyak dijual dengan banyak promo, sehingga semakin memberikan kemudahan dan keuntungan. Para konsumen kian giat mencari harga termurah. Mulai dari promo potongan harga / diskon, gratis ongkos kirim, hingga cashback. Nah, cashback masih menjadi istilah yang terbilang baru dalam promo e-commerce Indonesia. Berikut kami berikan info lengkap mengenai jenis cashback yang perlu anda tahu dari berbagai promo. Simak ulasannya!

Cashback Berbeda dengan Diskon

Siapa di antara kita yang tidak suka dengan potongan harga dan sejenisnya pada barang belanjaan? Ya, termasuk untuk cashback. Namun, jika anda menganggap cashback sama dengan potongan harga atau diskon, anda salah. Sebab, cashback merupakan pengembalian dana yang akan dikembalikan ke saldo dompet online anda. Sedangkan diskon merupakan pemotongan harga yang memungkinkan anda langsung membayar barang dengan harga lebih murah.
Hal ini bisa dicontohkan dengan kondisi sebagai berikut. Misalnya, anda membeli barang senilai Rp 50 ribu dan mendapat cashback 20% (Rp 10 ribu). Maka anda harus tetap membayar terlebih dahulu sebesar Rp 50 ribu, lalu baru akan mendapat uang kembali sebesar Rp 10 ribu setelah pembayaran selesai. Kondisi ini akan berbeda jika anda mendapat diskon, dimana anda akan langsung membayar Rp 40 ribu saja.

Cermati Bentuk Cashback-nya

Ada banyak bentuk cashback yang tersedia. Jika anda tergiur, maka pastikan anda mengetahui syarat dan ketentuannya. Jangan langsung tergoda dengan notifikasi atau pesan promo yang memajang besaran cashback dalam bentuk persenan. Sebab, terkadang promo cashback juga memiliki nilai maksimum. Misalnya, sebuah e-commerce menawarkan cashback sebesar 50%, namun promo ini memiliki nilai maksimum cashback hanya Rp 10 ribu. Sehingga barang dengan harga Rp 100 ribu tetap hanya mendapat cashback sebesar Rp 10 ribu saja, bukan Rp 50 ribu.
Kemudian, bentuk pengembalian dana dari cashback juga beragam. Bisa berbentuk saldo e-wallet anda (seperti akun GoPay dari aplikasi GoJek misalnya) , atau dana yang bisa dicairkan kemudian masuk ke rekening bank anda. Selain itu, cashback juga bisa dicairkan dalam bentuk pulsa handphone.

(Baca juga: Cashback Nonton, Belanja, dan Bensin Pakai Kartu Kredit Maybank)

Jenis Cashback dari E-commerce

GoPay

E-wallet atau dompet elektronik dari aplikasi GoJek ini memiliki banyak mitra yang mempromokan cashback bagi penggunanya. Sebagian besar mitranya adalah perusahaan di bidang food and beverage, oleh-oleh, dan minimarket. Namun, tidak hanya restoran yang biasa anda temui di mall saja yang bermitra dengan GoPay, tapi warung makan rumahan juga mulai bermitra dan memberikan cashback dengan pembayaran GoPay. Besaran cashback yang diberikan biasanya berkisar 20%-30%, dengan nilai maksimum Rp 10 ribu – Rp 20 ribu.
Cara menggunakan fitur GoPay adalah dengan membuat akun GoJek. Lalu, isi saldo GoPay lewat ATM, Mobile Banking, atau di kasir minimarket Alfa Group. Setelah saldomu cukup, buka aplikasi GoJek, klik pilihan bertulis ‘GoPay’, kemudian scan QR code yang ada di struk belanja anda dan konfirmasi dengan password. Setelah pembayaran selesai, cashback akan dikirim ke saldo GoPay di akun Gojek anda.

OVO

Aplikasi e-wallet dari perusahaan Lippo Group ini memiliki dua bentuk cashback. Pertama, cashback OVO Cash yang pengembalian dananya langsung ke akun OVO, yang sama seperti bagaimana ketentuan cashback pada GoPay. Caranya, buatlah akun OVO dan isi saldo OVO Cash lewat transfer bank. Kemudian buka aplikasi OVO dan pilih menu scan QR code, konfimasi jumlah tagihan dan masukan password anda. Cashback akan dikirim ke saldo OVO Cash setelah pembayaran selesai.
Kedua, cashback berupa OVO Points. Di fitur ini, kamu akan membayar barang dengan OVO Cash, namun cashback diberikan berupa OVO Points. Satu OVO Points bernilai 1 Rupiah. Jumlah OVO Points yang kamu kumpulkan bisa digunakan untuk merchant yang bermitra dengan OVO. Seperti Grab, Tokopedia, dan lainnya.

ShopBack

Dengan ShopBack, anda bisa mendapat cashback setelah belanja dari berbagai e-commerce mitra ShopBack. Sebut saja Tokopedia, Blibli.com, Bukalapak, JD.ID, Airbnb, Zalora, dan masih banyak lagi. Caranya, buat akun ShopBack, kemudian koneksikan dengan e-commerce yang ingin anda gunakan untuk belanja. Lalu, beli barang dan bayar seperti biasa di e-commerce mitra ShopBack itu, dan cashback akan masuk ke akun ShopBack anda. Keunggulannya, ShopBack akan mencairkan cashback dalam bentuk uang yang tertransfer ke rekening bank anda, atau dalam bentuk pulsa handphone. Menarik, bukan?

Promo cashback memang menggiurkan, namun jangan lupa untuk selalu mengecek syarat dan ketentuan yang berlaku, agar anda beneran untung, ya! Untuk anda yang ingin tahu cashback dari kartu kredit dan properti, silahkan kunjungi https://www.cekaja.com/info/yuk-mengenal-jenis-cashback/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *