Cara Memulai Bisnis Modal Kecil Online

Cara Memulai Bisnis Modal Kecil Online

Bisnis online kini sudah menjadi salah satu ladang pendapatan yang cukup menjanjikan. Berbisnis memang kini bisa dilakukan dengan mudah melalui jaringan internet. Penjual dari manapun bisa bertemu dengan pembeli melalui dunia maya dan memasarkan produknya hingga ke berbagai daerah. Beberapa tahun belakangan bisnis online memang kian berkembang karena masyarakat pun kini makin menggemari trnen belanja online yang lebih mudah dan praktis. Oleh karena itu bisnis modal kecil online saat ini makin banyak digeluti oleh berbagai kalangan.

Berbisnis melalui dunia maya memang bisa dibilang sangat mudah dilakukan karena tidak memerlukan berbagai perizinan untuk pelaksanaannya. Anda pun tidak memerlukan toko atau tempat khusus untuk menjual produk milik Anda. Berkomunikasi antara penjual dan pembeli pun bisa dilakukan dengan sangat mudah tanpa adanya hambatan jarak.

Tahapan Merintis Bisnis Modal Kecil Online

Kalau Anda tertarik untuk memulai bisnis online dengan modal yang kecil Anda perlu lebih dulu memahami alur atau tahapan yang perlu dilakukan berikut ini:

Menentukan produk yang akan diperjualbelikan

Anda bisa menjual produk berupa barang ataupun produk berupa jasa, pemilihan produk ini bisa disesuaikan dengan kemampuan, kebutuhan pasar ataupun peluang yang ada. Ada baiknya sebelum menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan Anda berkonsultasi lebih dulu ke orang yang lebih ahli ataupun ke orang-orang terdekat yang mengerti soal bisnis. Mintalah pendapat tentang rencana bisnis yang ingin Anda lakukan untuk mengetahui respon dari sisi konsumen.

Mencari supplier terbaik

Jika sudah menentukan produk apa yang akan Anda usahakan langkah selanjutnya adalah mencari supplier. Tahap ini hanya perlu dilakukan jika Anda ingin bertindak sebagai reseller atau distributor dari produk tertentu. Apabila Anda berencana untuk memproduksi sendiri produk Anda maka tahap ini dilakukan untuk menemukan supplier bahan baku terbaik dengan harga paling ekonomis.

 

Baca juga: Pilihan Mobil Keluarga Terbaik di Bawah 100 Juta

 

Buat nama toko online dan logonya

Agar bisnis online Anda lebih mudah dikenali dan diingat oleh konsumen maka perlu untuk membuat nama yang mudah diingat lengkap dengan logo yang menarik. Nama ini bisa dibuat dengan menyesuaikan produk apa yang Anda jual atau bisa pula menggunakan nama apapun yang sekiranya menarik, unik dan mudah untuk diingat.

Buat akun media sosial khusus untuk usaha

Anda bisa membuat akun media sosial di berbagai platform ataupun bergabung dengan situs jual beli yang ada. Pisahkan akun media sosial untuk bisnis Anda dengan media sosial pribadi. Perluas jaringan media sosial usaha Anda agar semakin banyak orang yang dapat mengenal bisnis online yang akan Anda mulai ini.

Buat foto produk semenarik mungkin

Buatlah media promosi yang menarik untuk dipajang di toko online Anda. Pastikan foto produk terlihat dengan jelas lengkap dengan informasi pendukung yang perlu diketahui oleh konsumen. Ingat, selalu pastikian gambar yang Anda pasang untuk mengiklankan produk bisnis Anda sesuai dengan produk asli yang ada. Membuat foto produk menarik bukan berarti membohongi konsumen dengan foto yang jauh berbeda dari kondisi aslinya.

Ketika ada calon konsumen yang mulai tertarik dengan produk segera layani dengan maksimal. Pelayanan juga jadi poin penting untuk dapat menarik dan mempertahankan konsumen untuk setia pada produk dari bisnis yang Anda jalankan. Tidak sulit bukan memulai bisnis modal kecil online?

https://www.cekaja.com/info/5-bisnis-sampingan-bermodal-kecil-yang-layak-dirintis/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *