Berikut Ini Tips Mengajak Anak Berpuasa Dengan Mudah Dan Menyenangkan

Berikut Ini Tips Mengajak Anak Berpuasa Dengan Mudah Dan Menyenangkan

Puasa adalah salah satu kegiatan yang baik untuk tubuh manusia. Biasanya puasa dilakukan oleh berbagai agama dengan momen yang berbeda-beda. Salah satu agama yang paling mengutamakan puasa untuk berbagai manfaat adalah agama Islam. Dalam islam puasa banyak jenisnya, ada puasa di bulan Ramadhan, puasa senin-kamis atau juga puasa Daud. Puasa tersebut dijalankan dengan tujuan yang sama, yaitu untuk bisa mendapatkan pahala, kesehatan dan juga mengendalikan hawa nafsu.

Untuk anda yang sudah dewasa, mungkin puasa bukanlah sesuatu yang sulit, namun untuk anak yang belum baligh ini adalah sebuah hal baru yang harus di pelajari. Khususnya untuk anda para orang tua, yang harus mulai mengajarkan anak anda berpuasa sejak dini, tidak harus langsung sampai maghrib, tapi bisa setengah hari sebagai bentuk adaptasi.

Nah, berikut ini kita akan bahas bagaimana tips mengajak anak berpuasa dengan mudah dan menyenangkan, berikut tipsnya:

1. Ajarkan arti puasa dari sudut pandang agama Islam

Jika anda ingin mengajarkan anak anda berpuasa, maka berikan dulu penjelasan dari sudut pandang agama. Jelaskan berbagai amnfaatnya, jelaskan tentang apa yang akan dia dapatkan jika dia berpuasa. Hal ini tentu akan menjadi sesuatu yang baik untuk anak anda, selain melakukan dia juga akan mengerti manfaat dari apa yang dia lakukan.

2. Beri contoh

Saat anda bepuasa, beri tahu anak anda apa yang sedang anda jalankan tentunya anak anda juga akan bertanya mengapa ayah atau ibunya tidak makan saat sinag hari. Saat itulah anda bisa jelaskan tentang apa yang anda lakukan.

3. Jangan memaksa

Biarkan anak anda berpuasa sesuai dengan hatinya. Jangan paksakan apalagi jika anak anda masih kecil. Hal tersebut tentunya penting untuk membiarkan dia menikmati puasa tanpa ada paksaan. Selama dia menjalankan puasa juga anda harus bisa mendampinginya, misalnya mengajaknya bermain hal ringan agar dia tidak merasakan haus atau lapar.

4. Beri hadiah

Anda sebagai orang tua tentunya mau anak anda bisa menjalankan sesuatu dengan penuh motivasi. Untuk menaikan motivasi si anak, anda bisa membelikannya hadiah apabila ia bisa puasa dengan baik. Hal tersebut bisa menanamkan prinsip pada dirinya, bahwa jika dia melakukan hal baik, dia juga akan mendapatkan suatu kebaikan.

5. Seru-seruan Ngabuburit

Waktu menunggu berbuka akan jadi hal yang sangat menyenangkan jika anda bisa melakukannya. Ajak dia bermain atau jalan-jalan mencari makanan sembari menghabiskan waktu sebelum berbuka, tentunya hal tersebut akan memberikan semangat lebih untuk anak anda.

Itulah beberapa cara mengajarkan anak anda puasa dengan menyenangkan, jika anda menginginkan informasi lebih lanjut, anda bisa langsung mengunjungi https://www.cekaja.com/info/cara-mudah-mengajak-anak-berpuasa-pertama-kali/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *